RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial...............................................................
Kelas/Semester : V / I (satu).....................................................................................
Pertemuan : 1 x.................................................................................................
Alokasi Waktu : 3 x 35 mnt.....................................................................................
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. Tujuan Pembelajaran II. Materi Pokok III. Metode Pembelajaran IV. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I A. Kegiatan Awal B. Kegiatan Inti C. Kegiatan Akhir V. Bahan dan Sumber | : : : : : : : : : : : | Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala Nasional pada masa Hindu – Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa , serta kegiatan ekonomi di Indonesia. 1.1 Mengenal makna peninggalan – peninggalan sejarah yang berskala Nasional dari masa Hindu – Budha dan Islam di Indonesia. 1.1.1. Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia. 1.1.2. Menuliskan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Hindu di Indonesia. 1.1.3. Menyebutkan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Hindu di Indonesia. 1.1.4. Menuliskan makna peninggalan Kerajaan Hindu yang ada di Indonesia. - Siswa dapat mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia. - Siswa dapat menuliskan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Hindu di Indonesia. - Siswa dapat menyebutkan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Hindu di Indonesia. - Siswa dapat menuliskan makna peninggalan Kerajaan Hindu yang ada di Indonesia. - Siswa dapat menemutunjakkan tempat peninggalan Sejarah yang berskala Nasional dari masa Hindu di Indonesia. Peninggalan-peninggalan sejarah Hindu di Indonesia. - Diskusi, Tanya jawab, Penugasan - Siswa membaca buku IPS Kl V dan gambar dengan materi peninggalan sejarah Hindu di Indonesia - Siswa mencari informasi bukti-bukti peninggalan sejarah Yang bercorak Hindu - Siswa mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia - Siswa mengamati gambar-gambar peninggalan Hindu - Siswa membuat daftar bukti peninggalan sejarah yang bercorak Hindu di Indonesia. Penguatan : Siswa mencatat bukti-bukti peninggalan Sejarah Hindu Indonesia pada buku. Test tulis : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Sebutkan bukti peninggalan sejarah Hindu di Indonesia 2. Meliputi daerah mana saja wilayah kekuasaan kerajaan Sriwijaya 3. Patung-patung peninggalan agama Hindu umumnya berlambangkan dewa…,…,dan … 4. Siapa pendiri kerajaan Singosari? 5. Dimana letak kerajaan Muara Takus? - Buku Tangkas IPS Tim Bakti Guru Klas 4 hal 36-88 - Peta Indonesia - RPUL |
Mengetahui Kepala Sekolah ............................................. | | Guru Kelas ............................................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : V / 1 (satu)
Pertemuan : I X
Alokasi Waktu : 3x 35 “
Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala Nasional pada masa Hindu – budha dan islam ,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa , serta kegiatan
ekonomi di Indonesia.
Kompetensi dasar : 1.1. Mengenal makna peninggalan – peninggalan sejarah yang berskala Nasional dari masa Hindu – Budha dan Islam di Indonesia.
Indikator : 1.1.5 Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Budha di
Indonesia.
1.1.6 Menyebutkan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Budha di Indonesia.
1.1.7 Menuliskan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Budha di Indonesia.
1.1.8 Menuliskan makna peninggalan Kerajaan Budha yang ada di Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran : - Siswa dapat mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Budha di Indonesia.
- Siswa dapat menuliskan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Budha di Indonesia.
- Siswa dapat menyebutkan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Budha di Indonesia.
- Siswa dapat menuliskan makna peninggalan Kerajaan Budha yang ada di Indonesia.
- Siswa dapat menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala Nasional dari masa Budha di Indonesia.
II. Materi pokok : Peninggalan-peninggalan sejarah Budha di Indonesia.
III. Metode pembelajaran : - Diskusi
- Tanya jawab
- Penugasan.
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
Pertemuan I :
A. kegiatan Awal : - Mengamati gambar peninggalan sejarah Budha
- Siswa membaca buku IPS kelas V dengan materi peninggalan sejarah Budha di Indonesia.
- Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti : - Siswa mencari informasi bukti-bukti peninggalan sejarah
yang bercorak Budha di Indonesia melalui buku IPS kelas
V
- Siswa mengidetifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah
Budha di Indonesia
- Siswa menuliskan makna peninggalan sejarah Budha
Yang ada di Indonesia
- Siswa membuat daftar bukti peninggalan sejarah yang ber
corak Budha di Indonesia
C. Kegiatan Akhir : - Siswa mencatat bukti-bukti peninggalan sejarah
Budha di Indonesia
- Tanya jawab, latihan dan tugas.
- Tes Tulis :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
- Sebutkan 3 Candi peninggalan Sejarah yang bercorak Budha!
- Apa yang kau ketahui tentang Kamadatu dan Arupadatu?
- Sebutkan 3 kerajaan yang bercorak Budha ?
- Patung – patung peninggalan kerajaan bercorak Budha umumnya merupakan lambang ...
- Sebutkan lambang patung yang bercorak Budha …
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Nilai | Jumlah Akhir | ||
Ketepatan | Kecepatan | Kerapian | ||||
| | | | | | |
V. Alat/Bahan/Sumber belajar : Tangkas IPS Kl:4 Tim Bakti Guru hal 36-38
Mengetahui Kepala Sekolah ............................................. | Guru Kelas ................................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : V / 1 (satu)
Pertemuan : I X
Alokasi Waktu : 3 x 35 “
Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala Nasional pada masa Hindu – budha dan islam ,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa , serta kegiatan
ekonomi di Indonesia.
Kompetensi dasar : 1.1. Mengenal makna peninggalan – peninggalan sejarah yang berskala Nasional dari masa Hindu – Budha dan Islam di Indonesia.
Indikator : 1.1.9 Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Islam di Indonesia.
1.1.10 Menyebutkan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Islam di Indonesia.
1.1.11 Menuliskan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Islam di Indonesia.
1.1.12 Menuliskan makna peninggalan Kerajaan Islam yang ada di Indonesia.
1.1.13 Menjelaskan makna dan kegunaan benda peninggalan Sejarah Islam yang ada di Indonesia.
1.1.14 Menyebut kerajaan – kerajaan Islam di Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran : - Siswa dapat mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah Islam di Indonesia.
- Siswa dapat menuliskan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Islam di Indonesia.
- Siswa dapat menyebutkan beberapa benda peninggalan bersejarah yang bercorak Islam di Indonesia.
- Siswa dapat menuliskan makna peninggalan Kerajaan Islam yang ada di Indonesia.
- Siswa dapat menemutunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala Nasional dari masa Islam di Indonesia.
II. Materi pokok : Peninggalan-peninggalan sejarah Islam di Indonesia.
III. Metode pembelajaran : - Diskusi,Tanya jawab,Penugasan.
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
Pertemuan I :
A Kegiatan Awal :
- Siswa membaca buku IPS kelas V dengan materi peninggalan sejarah Islam di Indonesia.
- Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti : - Siswa mencari informasi bukti-bukti peninggalan sejarah
yang bercorak Islam di Indonesia melalui buku IPS kelas
- Siswa mengidetifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah
Islam di Indonesia.
- Siswa menuliskan beberapa benda peninggalan sejarah
yang bercorak Islam di Indonesia
- Menjelaskan guna dan makna benda peninggalan sejarah
Islam di Indonesia
- Siswa membuat daftar bukti peninggalan sejarah yang
Bercorak Islam di Indonesia
C. Kegiatan Akhir : - Penguatan: Siswa mengungkapkan bukti-bukti peninggal
an Islam di Indonesia dengan mencatat.
- Tanya jawab, latihan dan tugas.
- Tes Tulis :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1 Apakah nama Kerajaan yang bercorak Islam pertama di Indonesia!
2 Apa yang kamu ketahui tentang Walisanga?
3 Sebutkan 3 benda peninggalan sejarah kerajaan Islam?
4 Sebutkan dua kerajaan Islam yang ada di pulau jawa?
5 Karya Sastra peninggalan sejarah yang bercorak Islam adalah….
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Nilai | Jumlah Akhir | ||
Ketepatan | Kecepatan | Kerapian | ||||
| | | | | | |
V. Alat /Bahan/Sumber belajar : - Buku Tangkas IPS kelas 4 hal143-1147,Peta.
Mengetahui Kepala Sekolah ............................................. | Guru Kelas ................................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : V / 1 (satu)
Pertemuan : 2x
Alokasi Waktu : 6 x 35 “
Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala Nasional pada masa Hindu – budha dan islam ,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa , serta kegiatan
ekonomi di Indonesia.
Kompetensi dasar : 1.2. Menceritakan Tokoh – Tokoh Sejarah dimasa Kerajaan
Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.
Indikator : 1.2.1. Menceritakan tokoh – tokoh di masa Hindu, Budha dan
Islam di Indonesia.
1.2.2 Mengidentifikasi Tokoh – tokoh Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.
1.2.3 Mencatat Hasil informasi Tokoh – tokoh Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.
1.2.4 Menjelaskan cara menghargai perjuangan para Tokoh – tokoh Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.
1.2.5 Membuat rangkuman cerita tentang Tokoh – tokoh Hindu di Indonesia.
1.2.6 Membuat rangkuman cerita tentang Tokoh – tokoh Budha di Indonesia.
1.2.7 Membuat rangkuman cerita tentang Tokoh – tokoh Islam di Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran : - Siswa dapat Menceritakan tokoh – tokoh di masa Hindu, Budah dan Islam di Indonesia.
- Siswa dapat Mengidentifikasi Tokoh – tokoh Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.
- Siswa dapat Mencatat Hasil informasi Tokoh – tokoh Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.
- Siswa dapat Menjelaskan cara menghargai perjuangan para Tokoh – tokoh Hindu, Budha dan Islam di Indonesia.
- Siswa dapat Membuat rangkuman cerita tentang Tokoh – tokoh Hindu di Indonesia.
- Siswa dapat Membuat rangkuman cerita tentang Tokoh – tokoh Budha di Indonesia.
- Siswa dapat Membuat rangkuman cerita tentang Tokoh – Tokoh Islam di Indonesia.
II. Materi pokok : Tokoh - tokoh di masa Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.
III. Metode pembelajaran : - Diskusi,Tanya jawab,Penugasan,Ceramah,Unjuk kerja
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
Pertemuan I :
A. Kegiatan Awal - Siswa membaca buku IPS kelas V dengan materi Tokoh –
tokoh sejarah Hindu dan Budha di Indonesia.
- Membagi kelompok.
B. Kegiatan Inti : - Mencari informasi tentang tokoh – tokoh Hindu dan
Budha di Indonesia.
- Membuat daftar nama tokoh – tokoh Hindu dan Budha di
Indonesia.
- Diskusi kelompok tentang cara menghargai perjuangan
Hindu dan Budha di Indonesia.
- Merangkum cerita tentang cara menghargai tokoh – tokoh
Hindu dan Budha di Indonesia.
C. Kegiatan Akhir : - Pesan – pesan moral perlunya meneladani semangat
perjuangan tokoh – tokoh Hindu dan Budha di Indonesia.
- Pemantapan konsep tentang perjuangan Hindu dan Budha
di Indonesia
- Tes Tulis :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia ialah?
2. Siapakah pendiri kerajaan tersebut?
3. Apa tujuan It Tsing datang ke kerajaan Sriwijaya?
4. Kerajaan … merupakan kerajaan bercorak Hindu di Jawa Barat.
5. Sebutkan 2 pendeta Budha terkenal di Sriwijaya yang berasal dari India!
Pertemuan II :
A. Kegiatan Awal : - Menyiapkan buku pelajaran IPS kelasV.
- Mencari informasi tentang tokoh Islam,Hindu,Budha ..
B. Kegiatan Inti : - Mencari informasi tentang tokoh Islam di Indonesia.
- Membuat daftar nama tokoh – tokoh Islam di Indonesia..
- Merangkum tokoh Hindu Budha dan Islam di Indonesia
- Diskusi kelompok tentang cara menghargai perjuangan
tokoh-tokoh Hindu,Budha,dan Islam di Indonesia.
C. Kegiatan Akhir : - Pemantapan Konsep tentang perjuangan tokoh – tokoh
Hindu,Budha,dan Islam di Indonesia.
- Tes Tulis :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah pendiri kerajaan Demak?
2. Agama Islam masuk ke Gowa dimasa pemerintahan…
3. Apa tujuan I-Tsing datang ke kerajaan Sriwijaya?
4. Dimasa pemerintahan siapakah terjadi serangan Raja Rajendra dari Cola Mandala tahun 1025?
5. Sebutkan 2 Pendeta Budha terkenal di kerajaan Sriwijaya yang berasal dari India
Penilaian : Tanya jawab lisan tentang perjuangan tokoh – tokoh perjuangan
Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia.
Skala Penilaian
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Nilai | Jumlah Akhir | ||
Ketepatan | Kecepatan | Kerapian | ||||
| | | | | | |
V. Alat /Bahan/Sumber belajar : - Buku Tangkas IPS Klas 4 hal 36-67,143-147
- Peta Indonesia.
- RPUL
.
Mengetahui Kepala Sekolah ............................................. | Guru Kelas ................................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : V / 1 (satu)
Pertemuan : 3 X
Alokasi Waktu : 9x 35 “
Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala Nasional pada masa Hindu – budha dan islam ,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa , serta kegiatan
ekonomi di Indonesia.
Kompetensi dasar : 1.3. Mengenal Keragaman kenampakkan alam dan buatan serta
pembagian wilayah waktu di Indonesia
Indikator : 1.3. - Menyebutkan berbagai jenis kenampakan alam di Indonesia.
1.3.2 - Menyebut ciri-ciri kenampakan alam di Indonesia.
1.3.3 - Mendeskripsikan keragaman kenampakan alam di Indonesia.
1.3.4 - Membuat tabel kenampakan alam di Indonesia..
1.3.5 - Membuat kesimpulan dari data tabel kenampakan alam di Indonesia.
1.3.6 - Mendiskripsikan jenis flora dan fauna di Indonesia.
1.3.7 - Membedakan jenis flora dan fauna di Indonesia.
1.3.8 - Mendiskusikan jenis flora dan fauna di Indonesia.
1.3.9 - Membuat laporan hasil diskusi.
1.3.10 Mendiskripsikan cuaca dan iklim di Indonesia.
1.3.11 Menyebut macam – macam iklim yang ada di Indonesia.
1.3.12 Mendefinisikan cuaca dan iklim.
1.3.13 Menyebut letak wilayah Indonesia secara Astronomis
I. Tujuan Pembelajaran : - Siswa dapat menyebutkan berbagai jenis kenampakan
alam di Indonesia.
- Siswa dapat menyebut ciri-ciri kenampakan alam di Indonesia
- Siswa dapat mendeskripsikan keragaman kenampakan alam di Indonesia..
- Siswa dapat membuat tabel kenampakan alam di Indonesia.
- Siswa dapat membuat kesimpulan dari data tabel kenampakan alam di Indonesia.
- Siswa dapat mendiskripsikan jenis flora dan fauna di Indonesia.
- Siswa dapat membedakan jenis flora dan fauna di Indonesia.
- Siswa dapat mendiskusikan jeni flora dan fauna di Indonesia.
- Siswa dapat membuat laporan hasil diskusi.
- Siswa dapat mendiskripsikan cuaca dan iklim di Indonesia.
- Siswa dapat menyebut macam – macam iklim yang ada di Indonesia.
- Siswa dapat mendefinisikan cuaca dan iklim.
- Siswa dapat menyebut letak wilayah Indonesia secara Astronomis
.
II. Materi pokok : Kenampakan alam di Indonesia.
III. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan,Unjuk karya.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan I :
A. Kegiatan awal : - menyiapkan peta Indonesia.
- Menyiapkan buku pelajaran IPS kelas V.
B. Kegiatan inti : - Mengamati peta kenampakan alam yang terdiri dari daratan dan Perairan di Indonesia.
- Mempelajari peta/atlas kenampakan alam yang terdiri dari daratan dan perairan di Indonesia
- Membuat daftar tabel kenampakan alam yang terdiri dari daratan dan perairan di Indonesia.
- Mendikusikan ciri-ciri kenampakan alam yang terdiri dari daratan dan perairan di Indonesia.
- Membuat kesimpulan dari daftar tabel kenampakan alam yang terdiri dari daratan dan perairan di Indonesia.
C. Kegiatan Akhir : - Merangkum materi kenampaan alam yang terdiri atas daratan dan perairan diIndonesia.
- Tes Tulis :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
- Kenampaan alam terdiri dari … dan …
- Sebutkan tiga nama selat yang kamu ketahui
- Laut terdalam di Indonesia adalah…
- Gundukan tanah yang lebih tinggi dari sekitarnya di sebut?
- Sebutkan tiga contoh gunung berapi di Indonesia!
Pertemuan II :
C. Kegiatan Awal : - Menyiapkan peta Indonesia atau atlas
- Menyiapkan buku pelajaran IPS kelas V
D. Kegiatan Inti : - Membuat tabel kenampaan alam yang terdiri dari daratan dan perairan di Indonesia.
- Membuat kesimpulan data dari tabel tentang kenampakan alam yang terdiri dari daratan dan perairan di Indonesia.
E. Kegiatan Akhir : - Membuat tabel tentang kenampakan alam di Indonesia.
- Tanya jawab tentang kenampakan alam di Indonesia.
- Tes Tulis :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
No | Nama Pulau | Gunung | Sungai | Danau | Laut | Teluk |
1. | | | | | | |
2. | | | | | | |
3. | | | | | | |
4. | | | | | | |
5. | | | | | | |
- Sebutkan nama sungai, danau, laut, selat, yang sering kau dengar lewat media TV, koran, dan radio!
Pertemuan III :
A. Kegiatan Awal : - Menyiapkan peta Indonesia.
- Menyiapkan buku pelajaran IPS kelas V.
B. Kegiatan Inti : - Menjelas kan jenis flora dan fauna menurut corak masing –masing.